Sistem kristal

Dalam kristalografi, sebuah sistem atau kristal kristal keluarga atau sistem kisi adalah salah satu dari beberapa kelas kelompok ruang, kisi, grup jalur, atau kristal. Informal, dua kristal cenderung berada dalam sistem kristal yang sama jika mereka memiliki simetri yang sama, meskipun ada banyak pengecualian untuk ini. Sistem kristal, kristal keluarga, dan sistem kisi yang serupa tetapi sedikit berbeda, dan ada kebingungan tersebar luas di antara mereka: dalam khususnya sistem kristal trigonal sering bingung dengan sistem kisi rhombohedral, dan istilah “sistem kristal” kadang-kadang digunakan untuk maksud “sistem kisi” atau “kristal keluarga”.
Kelompok ruang dan kristal dibagi menjadi 7 sistem kristal sesuai dengan grup jalur, dan menjadi 7 sistem kisi sesuai dengan kisi Bravais. Lima dari sistem kristal dasarnya sama dengan lima dari sistem kisi, tetapi heksagonal dan sistem kristal trigonal berbeda dari rhombohedral kisi heksagonal dan sistem. Kristal enam keluarga yang dibentuk dengan menggabungkan heksagonal dan trigonal sistem kristal heksagonal menjadi satu keluarga, dalam rangka untuk menghilangkan kebingungan ini.Sekilas
Sebuah sistem kisi adalah kelas kisi dengan grup titik yang sama. Dalam tiga dimensi ada 7 kisi sistem: triclinic, monoclinic, ortorombik, tetragonal, rhombohedral, heksagonal, dan kubik. Sistem kisi kristal atau kelompok ruang ditentukan oleh kisi tetapi tidak selalu oleh grup titik.
Sebuah sistem kristal adalah grup jalur kelas. Dua kelompok titik ditempatkan dalam sistem kristal yang sama jika set kemungkinan sistem kisi ruang mereka kelompok yang sama. Bagi banyak grup jalur hanya ada satu kemungkinan sistem kisi, dan dalam kasus ini, sistem kristal sesuai dengan sebuah sistem kisi dan diberi nama yang sama. Namun untuk 5 point kelompok dalam kelas kristal trigonal ada dua kemungkinan sistem kisi grup jalur mereka: rhombohedral atau heksagonal. Dalam tiga dimensi ada 7 sistem kristal: triclinic, monoclinic, ortorombik, tetragonal, trigonal, heksagonal, dan kubik. Sistem kristal kristal atau kelompok ruang ditentukan oleh kelompok titik tetapi tidak selalu oleh kisi.
Sebuah keluarga kristal juga terdiri dari grup jalur dan dibentuk dengan menggabungkan sistem kristal setiap kali dua sistem kristal memiliki kelompok ruang dengan kisi yang sama. Dalam tiga dimensi keluarga kristal adalah hampir sama dengan sistem kristal (atau sistem kisi), kecuali bahwa heksagonal dan sistem kristal trigonal digabungkan menjadi satu keluarga heksagonal. Dalam tiga dimensi terdapat 6 kristal keluarga: triclinic, monoclinic, ortorombik, tetragonal, heksagonal, dan kubik. Keluarga kristal kristal atau kelompok ruang ditentukan oleh baik dengan kelompok atau titik kisi, dan kristal keluarga adalah koleksi dari titik terkecil kelompok dengan properti ini.
Dalam dimensi kurang dari tiga tidak ada perbedaan penting antara sistem kristal, kristal keluarga, dan sistem kisi. Ada 1 dalam dimensi 0, 1 dalam dimensi 1, dan 4 dalam dimensi 2, yang disebut miring, empat persegi panjang, persegi, dan heksagonal.
Hubungan antara tiga dimensi kristal keluarga, sistem kristal, dan sistem kisi ditunjukkan dalam tabel berikut:
Keluarga kristal
Sistem kristal Diperlukan grup simetri titik grup jalur
kelompok ruang
Bravais kisi
Sistem kisi

Triclinic Tak satupun 2 2 1 Triclinic
Monoclinic 1 ganda sumbu rotasi atau 1 cermin pesawat 3 13 2 Monoclinic
Ortorombik . Ganda 3 sumbu rotasi atau 1 ganda sumbu rotasi pesawat dan dua cermin. 3 59 4 Ortorombik
Tetragonal 1 empat kali lipat sumbu rotasi 7 68 2 Tetragona
Hexagonal Trigonal 1 tiga sumbu rotasi 5 7 1 Rhombohedral
18 1 Hexagonal
Hexagonal 1 enam kali lipat sumbu rotasi 7 27
Kubik 4 tiga sumbu rotasi 5 36 3 Kubik
Total: 6 7

Sistem Kristal

Distribusi dari 32 grup jalur ke dalam 7 sistem kristal diberikan dalam tabel berikut :

Para struktur kristal molekul biologis (seperti protein struktur) hanya dapat terjadi dalam 11 enantiomorphic grup jalur, seperti molekul biologis yang selalu kiral. Protein majelis itu sendiri mungkin telah simetri selain dari yang diberikan di atas, karena pada hakekatnya mereka tidak dibatasi oleh batasan kristalografi teorema. For example the Rad52 DNA binding protein has an 11-fold rotational symmetry (in human), however, it must form crystals in one of the 11 enantiomorphic point groups given above. Misalnya Rad52 protein pengikat DNA memiliki 11-kali lipat simetri rotasi (dalam manusia), bagaimanapun, harus membentuk kristal di salah satu dari 11 enantiomorphic grup jalur yang diberikan di atas.

Lattice sistem
Distribusi dari 14 Bravais kisi kisi jenis menjadi 7 sistem yang diberikan dalam tabel berikut.
Dalam geometri dan kristalografi, sebuah Bravais kisi adalah suatu kategori grup simetri untuk translasi simetri di tiga arah, atau dengan demikian, suatu kategori terjemahan kisi. Seperti kelompok simetri terdiri dari terjemahan oleh bentuk vektor
R=n1a1 + n2a2 + 3a3,
di mana n 1, n 2, dan n 3 adalah bilangan bulat dan 1, 2, dan 3 tiga non-Coplanar vektor, disebut primitif vektor.
Kisi ini diklasifikasikan menurut kelompok ruang kisi terjemahan sendiri; ada 14 Bravais kisi dalam tiga dimensi; masing-masing dapat diterapkan dalam satu sistem kisi saja. Mereka mewakili simetri maksimum struktur dengan simetri translasi yang bersangkutan dapat memiliki.
Semua bahan kristalin harus, secara definisi masuk dalam salah satu pengaturan ini (tidak termasuk quasicrystals).
Untuk kenyamanan sebuah kisi Bravais digambarkan oleh sel unit yang merupakan faktor 1, 2, 3 atau 4 lebih besar dari sel primitif. Tergantung pada simetri kristal atau pola lain, yang mendasar domain adalah lagi yang lebih kecil, sampai dengan faktor 48.
Kisi yang Bravais dipelajari oleh Moritz Frankenheim Ludwig (1801-1869), pada tahun 1842, yang menemukan bahwa ada 15 Bravais kisi. Ini dikoreksi menjadi 14 oleh A. Bravais pada tahun 1848.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: